Jembatan Runtuh, Yogya-Semarang Putus

Kompas.com - 30/03/2011, 22:28 WIB
EditorBenny N Joewono

MAGELANG, KOMPAS.com — Jembatan Prumpung yang menghubungkan Kota Muntilan dan Magelang putus satu jalur, Rabu (30/3/2011) sekitar pukul 18.37, karena terjangan lahar dingin Gunung Merapi. Akibatnya, jalur lalu lintas Yogyakarta-Semarang, khususnya mobil, terpaksa dialihkan melalui Purworejo.

Heru (42), warga Magelang, mengatakan, banjir lahar dingin besar datang sekitar pukul 18.10 di Kali Pabelan. Sekitar 27 menit kemudian, Jembatan Prumpung arah Muntilan ke Magelang tiba-tiba runtuh.

Panjang badan jembatan yang runtuh sekitar 15 kilometer dari panjang total 36 meter. "Beruntung, waktu itu jembatan sudah ditutup pukul 18.00 karena ada kabar dari relawan Merapi di atas (hulu) bahwa akan datang banjir lahar dingin besar," kata Heru, Rabu (30/3) di Muntilan, Magelang.

Pada saat banjir lahar dingin menerjang, ketinggian air di Kali Pabelan mencapai 10 meter hingga 12 meter. Terjangan banjir bercampur lahar dingin inilah yang kemudian memutuskan Jembatan Prumpung arah Muntilan-Magelang yang merupakan jembatan lama yang sudah beroperasi sebelum jembatan baru arah Magelang-Muntilan di sebelahnya dibangun.

Setelah Jembatan Prumpung putus, polisi mengalihkan lalu lintas, khususnya mobil, melalui jalur Purworejo. Sedangkan kendaraan roda dua masih diperbolehkan melintas di satu sisi Jembatan Prumpung arah Magelang-Muntilan yang belum runtuh. Roda dua masih diizinkan melintas meski dengan sistem buka tutup.

Meski satu sisi Jembatan Prumpung belum runtuh, kondisi jembatan tersebut kini mulai retak-retak. Jika banjir lahar dingin kembali turun dikhawatirkan jembatan tersebut juga akan runtuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.