Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar Dingin, Dua Rumah Hanyut

Kompas.com - 30/03/2011, 17:08 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Banjir lahar dingin yang terjadi di Kali Putih Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kembali memakan korban. Selasa malam, dua rumah milik warga Dusun Karangasem, Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, hanyut terbawa banjir.

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada musibah itu. Namun, pemilik kedua rumah itu, Suharti dan Samijo, kini tidak memiliki rumah dan terpaksa mengungsi di Balai Desa Blongkeng beserta keluarga mereka.

"Saat kejadian semua penghuninya sudah mengungsi di balai desa. Sebelumnya kondisi kedua rumah tersebut sudah mengkhawatirkan, dengan bagian belakang sudah menggantung karena tebing longsor," ujar Nur Mahfud, Kaur Kesra Desa Blongkeng, Rabu (30/3/2011).

Menurut Mahfud, banjir lahar dingin yang terjadi semalam memang tidak terlalu besar. Namun karena tebing di kawasan rumah tersebut telah beberapa kali dihantam banjir lahar dingin, akibatnya tebing sungai longsor dan rumah hanyut.

Hanyutnya rumah ini menambah banyak jumlah rumah hanyut karena banjir lahar dingin di desa tersebut. Sekurangnya sudah ada 10 rumah yang hanyut karena kejadian serupa. Rumah-rumah ini berada di daerah aliran sungai Kali Putih yang sering terjadi banjir lahar dingin.

Selain itu, banjir lahar dingin juga beberapa kali mengakibatkan belasan rumah di desa itu terancam dan sekitar lima hingga 10 hektar lahan sawah di sekitar bantaran Kali Putih desa tersebut hilang karena longsor. "Delapan rumah lainnya juga terpaksa telah dibongkar karena kondisinya sudah rusak parah," lanjutnya.

Hingga saat ini, setidaknya 104 warga desa setempat terpaksa tinggal di balai desa, tenda pengungsian, dan hunian sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com