Lion Air: Roy Suryo Salah Masuk Pesawat!

Kompas.com - 26/03/2011, 18:48 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak Lion Air menegaskan bahwa tidak ada kesalahan penomoran tempat duduk atau kasus kursi ganda (double seat) pada penerbangan tujuan Jakarta-Yogyakarta yang melibatkan anggota Komisi I DPR, Roy Suryo.

”Tidak ada kasus double seat. Beliau masuk pesawat memang di jam yang salah,” kata Humas Lion Air Edward Sirait di Jakarta, Sabtu (26/3/2011).

Edward menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Roy Suryo tercatat sebagai penumpang Lion Air tujuan Jakarta-Yogyakarta pada pukul 07.45. Akan tetapi, Roy Suryo masuk pesawat tujuan Jakarta-Yogyakarta yang berangkat lebih awal, yakni pukul 06.15.

”Beliau masuk ke pesawat yang jadwal terbangnya pukul 06.15, padahal beliau seharusnya masuk ke pesawat yang jadwal terbangnya pukul 07.45,” katanya.

Dia juga mengatakan, pihak Lion Air sebelum menaikkan penumpang ke pesawat telah memberi pengumuman di ruang tunggu mengenai nomor dan jam penerbangan.

”Kami tidak tahu pasti penyebabnya mengapa beliau bisa masuk di pesawat yang salah, mungkin saja beliau tidak memperhatikan pengumuman yang menyebutkan nomor dan jam penerbangan secara rinci,” katanya.

Edward juga menambahkan, petugas yang bertugas di pintu keberangkatan pada saat itu tidak mungkin memeriksa satu demi satu tiket penumpang secara rinci hingga ke nomor dan jam penerbangan.

”Petugas kami hanya memastikan tiket yang dimiliki beliau adalah tujuan Jakarta-Yogyakarta, namun tidak secara rinci hingga nomor penerbangan karena kondisi penumpang yang padat dan antrean yang cukup panjang sehingga tidak memungkinkan,” katanya.

Edward menjelaskan, sebenarnya kasus ini hanyalah kesalahpahaman yang tidak perlu dibesar-besarkan.

”Mungkin karena beliau kebetulan adalah anggota Dewan, maka kasus ini jadi perbincangan ramai di jejaring sosial,” katanya.

”Hanya saja, beliau masuk pesawat yang salah sehingga kami meminta beliau kembali ke ruang tunggu dan naik pesawat berikutnya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Roy Suryo mengakui soal kehebohan berita di Twitter tentang dirinya di pesawat Lion Air pada Sabtu (26/3/2011) pagi. Namun, anggota Komisi I DPR ini membantah telah diusir pihak Lion Air dari pesawat yang ditumpanginya Sabtu pagi dan menyatakan peristiwa ini adalah kesalahan menerbitkan double seat oleh pihak Lion Air.

”Saya bahkan berdiri meminta maaf atas keterlambatan penerbangan tadi. Ini adalah kesalahan yang terjadi karena ada double seat. Memang ada penumpang yang marah, tapi akhirnya penumpang tepuk tangan karena saya meminta maaf kepada semua penumpang. Sekali lagi, saya tidak diusir dari pesawat,” kata Roy Suryo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/3/2011) siang. 

Roy melanjutkan, akibat kesalahan double seat itu, ia mengaku tidak diusir dari pesawat, tetapi turun bersama istrinya. Pihak Lion Air, lanjut dia, saat itu juga langsung mencarikan pesawat pengganti untuk Roy dan istrinya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X