Sultan: Sekolahkan Atlet sampai Kuliah

Kompas.com - 25/03/2011, 13:56 WIB
EditorTri Wahono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Guna meningkatkan prestasi olahraga, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengusulkan dibentuknya sekolah pembinaan atlet hingga ke jenjang perguruan tinggi. Usulan tersebut disampaikan Sultan ketika memberikan sambutan pembukaan Rapat KONI DIY di Kepatihan, Jumat (25/3/2011).

Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta menambahkan, sekolah pembinaan atlet merupakan faktor pertama untuk berbicara mengenai prestasi olahraga. "Karena selama ini sekolah pembinaan atlet hanya sampai ke jenjang SMA, padahal prestasi itu bisa dilihat jika atlet telah mahasiswa," kata Sultan.

Di DIY sendiri, lanjutnya, baru dua cabang olahraga yang membina atletnya hingga perguruan tinggi, yakni bola voli dan panahan. Menurutnya, jika kondisinya tetap seperti ini akan sia-sia dalam memajukan prestasi olahraga.

"Jika kita ingin bicara soal prestasi maka ke depan hal ini harus bisa dirumuskan oleh KONI dan Disdikpora," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo menyambut baik usulan Sultan tersebut. Usulan itu sebagai masukan yang bagus yang perlu dibicarakan bersama. "Nanti kita lihat secara saksama. Ini masukan yang bagus. Selain itu, kita akan menekankan pada pola pikir pelatih yang harus bervisi internasional dalam memajukan prestasi atlet," kata Prabukusumo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X