Pencurian Kayu, Kerugian Rp 5 Miliar

Kompas.com - 22/03/2011, 14:32 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com - Guna menekan angka pencurian kayu, Perhutani unit I jawa tengah menggandeng Polda Jateng. Melalui kerjasama dengan Polda Jateng, Perhutani akan memfasilitasi pembentukan Polmas (Pemolisian Masyarakat). Kerjasama ini tertuang dalam sebuah nota kesepahaman.

"Kerjasama ini bukan yang pertama. Tapi, kerjasama juga pernah dilakukan pada tahun 2005 lalu," kata Heru Siswanto, Kepala Unit I Perhutani Jateng, usai membuka Raker Perhutani di Gedung Rimba Graha, Selasa (22/3/2011).

Kerjasama dengan polisi, tambah Heru Siswanto, dilakukan dalam langkah melakukan operasi hutan lestari. Sebelumnya dengan MoU senada, sedikitnya 957 cukong pencuri kayu berhasil ditangkap. "Dengan kerjasama Perhutani dan Polri keamanan hutan bisa terkendali," imbuhnya.

Dengan penambahan personil Polri, diharapkan pengamanan makin maksimal. "Saat ini jumlah karyawan Perhutani sebanyak 10 ribu lebih, di mana sekitar seribu merupakan Polsus. Dengan tambahan petugas dari Polda Jateng, diharapkan pengamanan bisa makin maksimal," kata Heru.

Sementara itu, Kepala Polda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang menjelaskan, tanggungjawab penanganan keamanan hutan bukan semata-mata tugas Polri dan Perhutani serta Dinas Kehutanan. Namun menjadi tugas bersama masyarakat.

"Peningkatan keamanan, dilakukan di seluruh wilayah hutan yang masuk dalam wilayah pengamanan Polda Jateng," kata Kapolda yang turut hadir dalam pembukaan Rakernas Perhutani itu.

Selain dinas di lingkungan Polda Jateng, kerjasama juga dilakukan dengan masyarakat hingga tingkat paling kecil yakni tingkat Rukun Tetangga (RT). "Ke depan, jika ada peristiwa warga tinggal menyampaikan ke Ketua RT dan mereka yang akan menelpon ke kantor polisi atau polisi terdekat," tambah Kapolda.

Direktur Pemasaran Perhutani Achmad Fachrodji menguraikan, sebelum adanya kerjasama dengan polisi pada tahun 2005, angka kerugian akibat pencurian hutan bisa mencapai lebih dari 200 miliar. Pascakerjasama, pencurian bisa ditekan tinggal sekitar 75 miliar. "Tahun 2010, pencurian kayu mencapai Rp 5 miliar diharapkan dengan kerjasama ini pencurian bisa dibawah Rp 1 miliar," kata Fachrodji.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X