Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal di Semarang Perketat Pengamanan

Kompas.com - 20/03/2011, 19:50 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah aksi teror bom buku yang terjadi di Jakarta membuat masyarakat di luar Jakarta ikut waspada. Di Semarang, Jawa Tengah, pusat perbelanjaan mulai memperketat pengamanan kepada pengunjung.

Sepanjang hari Minggu (20/3/2011), Mal Ciputra, Semarang, mengerahkan 58 personilnya untuk memberi pengamanan. Semua mobil yang akan parkir diperiksa satu persatu, termasuk mobil yang biasa mengirim barang, juga tak luput dari pemeriksaan.

Menurut humas Mal Ciputra, Aisa R Jusmar, sebenarnya pengamanan ini sudah dilakukan sejak berbulan lalu, sesuai standar pengamanan. Namun intensitasnya memang ditingkatkan pasca-paket bom buku di KBR 68H, Jakarta.

"Kami memasang metal detektor di dua pintu masuk utama, yakni pintu barat dan pintu timur. Sementara pintu Utara memang tidak ada pemeriksaan karena akses di situ juga tidak ramai. Sedangkan pintu selatan yang terhubung dengan hotel, sudah dilakukan pengamanan di hotel," kata Aisa, Minggu.

Selain menggunakan metal detektor, pengamanan juga dilakukan dengan menggunakan cermin cembung dan detektor untuk mobil. Para pengunjung sendiri merasa tak keberatan dengan ketatnya pengamanan.

Ika, salah satu warga Pedurungan yang tengah diperiksa menuturkan bahwa ia bisa menerima perlakuan petugas. "Semua untuk kenyamanan bersama kan?' katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com