Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Jual Tujuh Pesawat Boeing

Kompas.com - 17/03/2011, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berencana menjual tujuh unit pesawat Boeing 737-400 tahun ini. Pesawat yang menjadi bagian pesawat tua Garuda itu akan dihargai sesuai dengan harga pasar yang ada saat ini.

Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan mengatakan, sesuai dengan rencana korporasi untuk terus meningkatkan jumlah pesawat mudanya, Garuda akan menghilangkan seluruh pesawat Boeing 737 seriesnya secara bertahap

Untuk jenis Boeing 737 series, Garuda saat ini memiliki 22 unit, yaitu tujuh Boeing 737-400, 10 unit Boeing 737-300 ,dan lima unit Boeing 737-500. "Tahun ini yang akan dijual adalah Boeing 737-400 lebih dulu. Lainnya menyusul dan tahun 2014 diharapkan seluruh armada kita sudah baru," kata Elisa di Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Menurutnya, Garuda saat ini sedang mengundang perusahaan apraisal atau penilai harga pesawat. Mereka akan ditender, kemudian Garuda akan menunjuk broker penjualan pesawat. Broker ini yang akan mencari calon pembeli pesawat.

Belajar dari penjualan pesawat tahun lalu yang bisa dibilang gagal, tahun ini Garuda akan menjualnya dengan nilai pasar. "Dulu penilaian harga yang ditetapkan di atas penawaran para calon pembeli sehingga yang laku cuma dua unit," jelas Elisa.

Tahun ini, strategi penjualan akan diubah, yaitu dengan harga yang berlaku di pasar saat ini sehingga harganya cukup bersaing.

Mengenai harga pesawat yang ada saat ini, jelasnya, pada November lalu merupakan harga yang cukup tinggi. Namun, saat ini setelah adanya isu global seperti perang di Libya, tsunami Jepang. dan kenaikan harga BBM bisa berpengaruh dengan harga pesawat. Apalagi pesawat tua. "Dengan naiknya harga BBM, tentu berpengaruh karena konsumsi BBM pesawat tuanya akan besar sehingga kurang laku. Akibatnya harganya akan turun," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com