Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Jepang di Yogya Turun ke Jalan

Kompas.com - 16/03/2011, 13:44 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com —Belasan mahasiswa asal Jepang yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta, bersama mahasiswa Universitas Gajah Mada jurusan Bahasa Jepang, Rabu (16/3/2011) siang, melakukan penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Jepang.

Aksi penggalangan dana dilakukan di perempatan toko buku Gramedia, Jalan Jenderal Sudirman, dan perempatan Tugu Yogyakarta. Aksi yang sering dilakukan oleh mahasiswa Indonesia ketika terjadi bencana ternyata menjadi inspirasi mahasiswa Jepang untuk membantu keluarga mereka nun jauh di sana.

Koordinator aksi penggalangan dana, Tetsuma Suminou, mengatakan, aksi ini dilakukan untuk membantu keluarga mereka di Jepang. Dengan mengenakan pakaian tradisional kimono, belasan mahasiswa Jepang itu dibagi dalam dua kelompok. Sambil membawa kardus bekas yang ditulisi penggalangan dana korban gempa Jepang, para mahasiswa asal Negeri Sakura ini menemui para pengguna jalan ketika berhenti di lampu merah.

Saat dekat dengan pengguna jalan, mereka membungkukkan badan dan menyodorkan kardus. Banyak pengguna jalan yang memberikan sedikit uangnya untuk membantu. Sebelum turun ke jalan, mereka telah melakukan penggalangan dana di dalam kampus UGM tempat mereka belajar.

Rencananya, dana yang terkumpul akan dikirimkan ke Miyagi melalui sebuah organisasi yang tepercaya. "Dana ini kami salurkan melalui organisasi yang dapat dipercaya. Namun jika nanti jumlah donasinya besar akan diberikan langsung ke Miyagi," kata Tetsuma, mahasiswa UGM jurusan bahasa Indonesia yang baru 6 bulan di Yogyakarta.

Berdasarkan data dari kampus UGM, jumlah mahasiswa asal Jepang yang tengah belajar di Kota Gudeg berjumlah 25 orang. Dari Jumlah tersebut tidak ada satu pun mahasiswa yang keluarganya menjadi korban gempa dan tsunami di Jepang. 

Baca Juga: Mencari Kesembuhan di Sumber Mata Air...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com