Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Dosen Unsoed Selamat dari Tsunami

Kompas.com - 14/03/2011, 14:24 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Enam dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang sedang belajar di sejumlah perguruan tinggi di Jepang, dipastikan selamat dari bencana alam gempa bumi dan tsunami. Saat ini mereka tinggal di tempat pengungsian dengan kebutuhan logistik yang terbatas dan mati listrik.

”Mereka semuanya selamat dan untuk sementara harus tinggal di berbagai tempat pengungsian. Mereka mengabarkan logistik dan pasokan air bersih sangat terbatas,” kata Humas Keluarga Alumni Unsoed, Alief Einstein, di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (14/03/2011).

Keenam dosen Unsoed tersebut adalah Suroso (tinggal di Hamamats), Agus Maryoto (di Nagaoka), Uyi Sulaeman (di Sendai), Krisandi Wijaya (di Ibaraki), Fatichin (di Ehine), dan Prita (di Kyushu).

”Dosen kami ada yang mengungsi di SMP Sanjo 3-1 Sanjomachi, Aoba-ku, Sendai-shi. Di situ bersama 89 WNI lain,” jelasnya.

Dari keterangan Uyi Sulaeman yang sedang menyelesaikan S-3 di Sendai, sejumlah rekan lainnya juga mengabarkan selamat. Hanya saja tinggal di lokasi yang terpisah dan tengah dijemput pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang.

Ia juga mengabarkan jika kebutuhan logistik seperti air mineral, tisu, antiseptic, popok bayi, makanan bayi, obat-obatan luar (obat pusing, mual) sangat terbatas.

Untuk sementara ini, lanjut Alief, para dosen Unsoed yang berada di Jepang tetap bertahan di negara itu.  "Belum ada rencana untuk memulangkan. Pihak Unsoed terus memantau perkembangan mereka," pungkasnya. (Hanan Wiyoko)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com