Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Pascagempa, Shinmoedake Erupsi

Kompas.com - 14/03/2011, 13:00 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Badan Meteorologi Jepang melaporkan bahwa Gunung Shinmoedake erupsi kemarin, Minggu (13/3/2011). Erupsi berupa abu vulkanik dan batuan serta memicu kepanikan warga Jepang yang dua hari sebelumnya diguncang gempa disusul tsunami.

Gunung Shinmoedake terletak di Pulau Kyushu, 1.530 kilometer dari episentrum gempa berkekuatan 9 magnitude, Jumat lalu. Sebenarnya, Badan Meteorologi Jepang  telah memperingatkan bahwa aktivitas gunung berapi itu meningkat selama beberapa minggu terakhir.

Tidak jelas apakah erupsi gunung tersebut berkaitan dengan gempa bumi yang terjadi. Namun, dilaporkan bahwa erupsi hari Minggu merupakan yang terbesar dalam 52 tahun terkahir, menimbulkan kerusakan dan kepanikan.

Menurut laporan BBC, letusan terdengar hingga bermil-mil jauhnya serta menghancurkan jendela hingga 6,5 kilometer. Sementara, abu vulkanik dilapokan mencapai ketinggian 3.000 meter di udara.

Shinmoedake terakhir meletus pada 19 Januari 2011 setelah 2 tahun sebelumnya absen. Vulkanolog telah memperingatkan bahwa kubah lava terus berkembang walaupun belum tahu kapan letusan akan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com