Korban Banjir Aceh Butuh Obat & Sembako

Kompas.com - 13/03/2011, 20:23 WIB
EditorBenny N Joewono

TANGSE, KOMPAS.com - Ratusan korban banjir bandang di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh sangat membutuhkan sembilan bahan pokok dan obat-obatan.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Sutopo Purwo Nugroho yang tengah berada di Manado, Minggu (13/3/2011) malam.

Sutopo menjelaskan, laporan terbaru yang masuk kepada dirinya saat ini menyebutkan, 12 orang meninggal dunia dan delapan orang hilang akibat banjir bandang tersebut. 150 kepala keluarga telah diungsikan ke kerabat terdekat.

Jumlah rumah rusak berat sebanyak 262 unit, rusak ringan 147 unit, sawah rusak sebanyak 102 hektar dan jalan rusak sepanjang 1,92 kilometer.

Sementara itu enam jembatan permanen rusak, tiga bendungan rusak, empat unit fasilitas pendidikan rusak, dua unit fasilitas kesehatan rusak dan satu unit tempat ibadah rusak.

BNPB sendiri telah mengirim bantuan sementara sebesar Rp 300 juta dan Pemerintah Provinsi Aceh memberikan Rp 1 miliar untuk masa tanggap darurat.

"Masa tanggap darurat akan berlangsung selama tujuh hari terhitung mulai 10 Maret 2011 dan bila diperlukan bisa diperpanjang selama 12 hari," kata Sutopo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat ini personil pemda, TNI, Polri dan relawan sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengirimkan logistik ke lokasi bencana.

"Pengiriman logistik juga akan diprioritaskan ke daerah terisolir yaitu desa Balang Pandak, Blang Dalam, Peunalom," katanya.

Sebanyak empat alat berat, dua mobil tangki air juga dikabarkan telah berada di lokasi bencana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.