Hujan Deras, Banjir Bandang Menerjang

Kompas.com - 12/03/2011, 23:08 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LAMONGAN, KOMPAS.com — Hujan deras pada Sabtu (12/3/2011) menyebabkan banjir bandang di Desa Wonorejo, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Banjir bandang terjadi sekitar pukul 18.00 akibat kiriman dari perbukitan Gunung Pegat yang diperparah dengan gorong-gorong yang tidak mampu menampung air.

Genangan air setinggi 40 sentimeter sempat melumpuhkan jalur Jombang-Babat. Kendaraan dari arah Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto, dan Jombang sempat macet.

Pada pukul 21.00 air sudah surut. Genangan air juga terjadi di jalur Tikung-Sarirejo setinggi 30 cm. Genangan air sekitar 1 km juga menghambat arus lalu lintas. Warga Lamongan Wahid menuturkan, banjir akibat hujan deras juga terjadi Selasa (8/3/2011) lalu, tetapi hanya sesaat.

Kepala Bagian Humas dan Informasi Komunikasi Kabupaten Lamongan menjelaskan, genangan air tidak berlangsung lama. Hal itu biasa terjadi setiap curah hujan tinggi. Penyebab utamanya adalah kawasan perbukitan yang gundul sehingga tidak ada penahan air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.