8 Siswa SMK Mendapat Beasiswa ke Jepang

Kompas.com - 11/03/2011, 22:01 WIB
EditorBenny N Joewono

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Sebanyak delapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pandeglang, Banten, mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan strata satu di Jepang.

"Jumlah siswa SMK se-Indonesia yang memperolah beasiswa untuk sekolah ke Jepang sebanyak 59 orang, dan delapan di antaranya berasal dari SMKN 3 Pandeglang," kata Kepala SMKN 3 Pandeglang Susilo, Jumat (11/3/2011).

Para siswa itu, mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 jurusan manajemen produksi.

Menurut dia, perolehan beasiswa bagi siswa SMKN 3 Pandeglang merupakan kedua kalinya. Pada 2010 tiga lulusan sekolah tersebut juga mendapat beasiswa dan sekarang sedang mengikuti pendidikan di Negeri Sakura itu.

"Untuk tahun depan, enam siswa kami juga dipastikan mendapatkan beasiswa, sekarang meraka masih kelas II, dan begitu lulus langsung diberangkatkan," ujarnya.

Kedelapan siswa berprestasi dan mendapat kesempatan sekolah gratis di luar negeri itu yakni Muhamad Masdani, Roni Supriatna, Muhamad Ibrohim, Sahan Hudayana, Dhiki Ari Shatmoko, Azizul Hakim, Mistara dan Tubagus Deni Fahrul.

Pemberian beasiswa bagi siswa SMKN 3 itu, kata dia, merupakan salah satu keberhasilan sekolah dalam mendidik siswa serta bentuk perhatian dari masyarakat internasional pada sekolah yang telah berstatus sebagai rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemberian beasiswa ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam membina dan mendidik para siswa sehingga jumlah siswa yang memperoleh beasiswa meneruskan pendidikan ke luar negeri bisa bertambah," ujarnya.

Susilo juga menjelaskan, SMKN 3 mendapatkan tiga sertifikat manajemen mutu yakni pada 2000 dan dua kali pada 2008.

"Sertifikat manajeman mutu itu diberikan untuk enam jurusan di sekolah kami," katanya.

Jurusan di SMKN 3 Pandeglang yakni nautika kapal penangkap ikan, kehutanan, teknik sepeda motor, agribisnis perikanan, teknologi pengolahan hasil perikanan serta teknik komputer dan jaringan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X