Bandara di Bali Utara Segera Terwujud

Kompas.com - 11/03/2011, 21:15 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara di Bali bagian utara bukan sekadar wacana belaka. Sudah ada nota kesepahaman antara pemerintah dan investor asal India. Saat ini pihak investor tengah melakukan studi lokasi. ”Sudah ada kesepakatan untuk membangun bandara di Bali utara, tapi tempatnya distudikan dulu. Masih survei. Jadi sampai sekarang belum ditetapkan lokasinya,” kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kembudpar Firmansyah di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (11/3/2011).

Ia menuturkan, terdapat tiga lokasi yang menjadi calon tempat bandara akan dibangun. ”Pertama di Bali utara di bagian utara, Bali utara yang ke arah timur, dan Bali utara yang agak ke barat,” kata Firmansyah.

Lokasinya harus di Bali bagian utara. Selain itu, lanjutnya, selain pertimbangan ekonomi, lokasi juga harus memenuhi persyaratan teknis penerbangan.

Firmansyah mengatakan, awalnya Menbudpar Jero Wacik melihat Bali selatan sudah penuh karena wisatawan lebih banyak berkunjung ke selatan, sedangkan wisatawan tidak sampai ke Bali bagian utara. ”Bagaimana kita menciptakan Bali utara sebagai destinasi. Kita harus transfer dari selatan ke utara sehingga diharapkan Bali utara cepat tumbuh,” tuturnya.

Caranya adalah membangun moda transportasi. Pertama, melalui jalur darat dengan pembuatan kereta api wisata mengelilingi Bali dan jalur udara dengan bandara.

Menurut Firmansyah, Menbudpar berharap tahun 2011 bandara sudah mulai dibangun. Selain Bali utara, ada pula rencana pembangunan bandara baru di Bantul, DI Yogyakarta. Sementara itu, bandara di Toraja tengah dibangun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.