Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara di Bali Utara Segera Terwujud

Kompas.com - 11/03/2011, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara di Bali bagian utara bukan sekadar wacana belaka. Sudah ada nota kesepahaman antara pemerintah dan investor asal India. Saat ini pihak investor tengah melakukan studi lokasi. ”Sudah ada kesepakatan untuk membangun bandara di Bali utara, tapi tempatnya distudikan dulu. Masih survei. Jadi sampai sekarang belum ditetapkan lokasinya,” kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kembudpar Firmansyah di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (11/3/2011).

Ia menuturkan, terdapat tiga lokasi yang menjadi calon tempat bandara akan dibangun. ”Pertama di Bali utara di bagian utara, Bali utara yang ke arah timur, dan Bali utara yang agak ke barat,” kata Firmansyah.

Lokasinya harus di Bali bagian utara. Selain itu, lanjutnya, selain pertimbangan ekonomi, lokasi juga harus memenuhi persyaratan teknis penerbangan.

Firmansyah mengatakan, awalnya Menbudpar Jero Wacik melihat Bali selatan sudah penuh karena wisatawan lebih banyak berkunjung ke selatan, sedangkan wisatawan tidak sampai ke Bali bagian utara. ”Bagaimana kita menciptakan Bali utara sebagai destinasi. Kita harus transfer dari selatan ke utara sehingga diharapkan Bali utara cepat tumbuh,” tuturnya.

Caranya adalah membangun moda transportasi. Pertama, melalui jalur darat dengan pembuatan kereta api wisata mengelilingi Bali dan jalur udara dengan bandara.

Menurut Firmansyah, Menbudpar berharap tahun 2011 bandara sudah mulai dibangun. Selain Bali utara, ada pula rencana pembangunan bandara baru di Bantul, DI Yogyakarta. Sementara itu, bandara di Toraja tengah dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com