Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis Naikkan Daya Listrik hingga Juni

Kompas.com - 10/03/2011, 23:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menaikkan daya listrik yang tersambung. Program Gratis Naik Daya bagi pelanggan PLN ini akan berlangsung hingga Juni 2011.

Pelanggan dengan daya tersambung 450 VA bisa dinaikkan menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA, pelanggan daya tersambung 900 VA menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA. "Peningkatan daya ini sama sekali tidak dipungut biaya. Jadi hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat," kata General Manager PLN Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta Denny Pranoto, Kamis (10/3/2011) di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Denny, hingga 9 Maret jumlah pelanggan yang menikmati program Promosi Naik Daya Gratis tercatat sebanyak 1.551 pelanggan. Komposisi paling besar adalah perubahan daya tersambung dari 450 VA menjadi 1.300 VA sebanyak 570 pelanggan atau 37 persen.

Program Gratis Naik Daya, menurut Denny, merupakan bentuk pelayanan yang diberikan PLN kepada masyarakat. " Tambah daya gratis ini didasari atas banyaknya ditemui keluhan gangguan karena seringnya pemakaian daya yang melebihi batas daya tersambung. Selain itu juga ditemukan besarnya keinginan pelanggan 450 VA dan 900 VA untuk meningkatkan daya tersambung menjadi 1.300 VA dan 2.200 VA, namun terkendala besarnya biaya penyambungan," tutur Denny.

Manager Niaga PLN Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta Roberto Manurung menambahkan, pelayanan terhadap pelanggan saat ini terus ditingkatkan. Oleh karena itu semua permintaan pemasangan baru saat ini dilayani PLN. "Tidak ada lagi pelanggan yang kembali tanpa dilayani. Soal waktunya pemasangan menyesuaikan dengan kondisi. Biayanya hanya penyambungan saja," kata Manurung.

Pelanggan PLN di Jateng dan DIY yang berjumlah sekitar 7,6 juta, hampir semuanya menggunakan daya tersambung 450 VA dan 900 VA. Oleh karena itu terbuka kesempatan untuk menaikkan daya.

Denny juga menyatakan pihak PLN mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan listrik prabayar. Karena dengan listrik prabayar pelanggan dapat mengendalikan sendiri penggunaan listriknya.

Hingga kini pelanggan listrik prabayar di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta sekitar 115.000 pelanggan. Sedangkan untuk pelanggan pasang baru untuk rumah tangga hingga Januari 2011 berkisar 21.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com