Inilah Modus Mengemis ala "Reality Show"

Kompas.com - 10/03/2011, 14:58 WIB
EditorHertanto Soebijoto

SEMARANG, KOMPAS.com — Kreativitas memang tak mengenal kelas sosial. Salah satu turunan kreativitas adalah plagiasi. Itu pula yang terjadi pada pengemis anak-anak di jalan-jalan raya Kota Semarang.

Berbekal keterampilan meniru adegan reality show ”Minta Tolong” yang ditayangkan di salah satu televisi swasta, pengemis anak-anak di Semarang sanggup mendapat penghasilan lebih dibanding mengemis secara konvensional.

Ricky (10), salah satu anak yang ditemui di kawasan Tugu Muda, Semarang, menuturkan, ide itu justru muncul dari orang yang sedang nongkrong di kawasan tersebut. Mereka sering bertanya, apakah Ricky dari tim ”Minta Tolong”. Ketika dia menganggukkan kepala agak ragu, ternyata orang tersebut memberi lebih, yakni sebesar Rp 50.000.

”Waktu itu malam Minggu. Kalau malam Minggu kan banyak orang yang sedang pacaran. Nah, saya ditanya seperti itu malah bingung karena tidak pernah menonton televisi. Tapi ketika saya mengangguk, dikasih Rp 50.000. Habis itu saya langsung pergi,” kata Ricky, Kamis (10/03/2011).

Pengalaman itu kemudian diceritakan kepada teman-temannya. Akhirnya modus itu tersebar di kalangan pengemis anak-anak, termasuk di kampung-kampung. Untuk yang di kampung-kampung, biasanya mereka berbekal barang dagangan, misalnya sekantong kerupuk seharga tak lebih dari Rp 2.000.

Kerupuk itu lalu ditawarkan kepada siapa pun yang dijumpainya seharga minimal Rp 50.000, dengan alasan untuk biaya pengobatan ibunya, biaya sekolah adiknya, dan lain-lain.

”Kebanyakan mereka bertanya sambil berbisik, apakah dari tim ’Minta Tolong’? Jika mendapat pertanyaan itu, kami buru-buru mengangguk sambil pura-pura takut. Setelah dapat duit, kami langsung pergi dari lokasi,” kata Narti (12, saat ditemui di wilayah perumahan Tlogosari, Semarang.

Reality show ”Minta Tolong” memang menjanjikan sejumlah besar rupiah kepada orang yang baik hati. Hal itulah yang dimanfaatkan pengemis anak-anak di Semarang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X