Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Premium Cukup buat 17,9 Hari

Kompas.com - 10/03/2011, 13:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persediaan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis premium saat ini aman untuk persediaan selama 17,9 hari. Hal ini diutarakan Mochamad Harun, VP Corporate Communication PT Pertamina, dalam siaran persnya.

Melalui siaran persnya, Harun memastikan kondisi BBM stok nasional saat ini berada dalam kondisi yang aman atau di atas 16 hari. " Hingga Rabu (9/3/2011), rata-rata stok BBM nasional berada pada posisi 23 hari, di mana stok premium sebanyak 17,9 hari, solar 20,5 hari, dan minyak tanah 49 hari," jelasnya.

PT Pertamina (Persero) hingga kini memiliki enam kilang pengolahan dengan kapasitas produksi bahan bakar minyak mencapai 40,6 juta kiloliter per tahun.

Produksi BBM Pertamina terdiri dari solar 18,3 juta kiloliter atau 45 persen dari total kapasitas. Kapasitas produksi premium 12 juta kiloliter atau 29 persen, minyak tanah tujuh juta kiloliter atau 17 persen, dan avtur 3,3 juta kiloliter atau delapan persen.

Kebutuhan BBM di Direktorat Pemasaran dan Niaga Pertamina tercatat mencapai 50,1 juta kiloliter per tahun yang terdiri dari premium 22,1 juta kiloliter, solar 21,2 juta kiloliter, dan minyak tanah 3,8 juta kiloliter. (Andri Malau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com