Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung, 1.000 Ayam Dimusnahkan

Kompas.com - 09/03/2011, 19:55 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Seribu ekor ayam milik warga di dua Desa Sukaratu dan Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dimusnahkan oleh Petugas Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) pemerintah setempat, Rabu (9/3/2011).

"Akhirnya kami melaksanakan depopulasi (pemusnahan) sekitar seribu ekor ayam milik warga di dua desa," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dida Kardiana, disela-sela pemusnahan.

Pemusnahan dengan cara disembelih, dibakar dan dikubur, kata Dida merupakan bagian upaya memutus penyebaran wabah virus flu burung yang sebelumnya telah menewaskan seribuan lebih unggas di Kecamatan Banyuresmi.

Upaya pemusnahan tersebut, merupakan hasil kerja keras petugas lapangan yang membujuk warga pemelihara unggas untuk dimusnahkan karena sebelumnya warga enggan menyerahkan unggasnya.

Petugas dilapangan, berhasil mengumpulkan ayam di Desa Sukaratu sebanyak 660 ekor dari pemiliknya warga Kampung Gadog dan Kampung Koromoy sisanya dari Desa Sukamukti.

"Cara seperti ini terpaksa kita lakukan karena sudah mengkhawatirkan dengan banyaknya kematian ayam terus menerus," kata Dida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com