Tenggak Miras Oplosan, Dua WNA Tewas

Kompas.com - 07/03/2011, 11:08 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Diduga akibat menenggak minuman keras oplosan di dalam ruang Rumah Detensi Imigrasi di Kalideres, Jakarta Barat, dua warga negara asing (WNA) ditemukan tewas, Minggu (6/3/2011) pagi. Kedua imigran itu tak tertolong setelah dirawat di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

"Ada dua WNA yang tewas tadi. Yang satu WN India pukul 01.00 WIB dan WN Rusia pukul 08.00 WIB," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Metro Kalideres Ajun Komisaris M Marbun, Minggu di Jakarta.

Marbun menyebutkan, dua nama korban meninggal adalah Majit Singh (37), WN India, dan Alexander Shandrin (37), WN Rusia. Keduanya menenggak miras yang dioplos dari bahan-bahan kimia. Bahan itu dimasukkan oleh seorang wanita pembesuk yang masih dalam proses penyelidikan polisi.

Menurut Marbun, bahan-bahan kimia dimasukkan oleh Alexander ke dalam minuman. Selain ke Majit Singh, Alexander juga menawarkan miras oplosan itu ke seorang tahanan WN Brunei yang belum diketahui identitasnya. "Jadi, di ruang tahanan itu ada tiga orang. Majit mau menenggak miras itu, tapi WN Brunei menolaknya," tutur dia.

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium atas bahan-bahan kimia yang dicampur ke dalam minuman tersebut," kata Marbun.

Polsektro Kalideres masih meminta keterangan tiga saksi, antara lain WN Brunei yang mengetahui kronologis peristiwa dan dua penjaga sel Dirjen Imigrasi. "Jenazah kedua korban sudah dikirim ke RSCM untuk dilakukan otopsi luar dan dalam," ucapnya.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Safar M Godam menegaskan, tidak ada keterlibatan petugasnya sehingga bahan-bahan kimia itu tidak masuk. Petugasnya membenarkan, ada pembesuk Alexander yang membawa dua botol minuman semacam sirop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sabtu sore, Alexander menerima tamu wanita yang mengaku istri sirinya membawa dua botol seperti sirop," kata Godam, kepada wartawan, Minggu.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.