Banjir, KA Terlambat Tiba di Jakarta

Kompas.com - 07/03/2011, 07:23 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalur kereta api (KA) di lintasan Ketanggungan (Brebes)-Ciledug (Cirebon) terendam air sehingga beberapa rangkaian KA dari Purwokerto tidak bisa melanjutkan perjalanan dan sempat tertahan di stasiun-stasiun sebelum Ketanggungan. Sementara, rangkaian KA lainnya harus melalui jalan memutar lewat Tegal.

"Ada rangkaian kereta yang dibelokkan ke Tegal saat berhenti di Stasiun Prupuk. Semestinya, KA dari Purwokerto bisa melewati Ketanggungan untuk menuju ke Cirebon. Tapi, karena banjir di Ketanggungan, terpaksa dibelokkan," kata Kepala Hubungan Masyarakat Daops I PT Kereta Api Indonesia (KAI) Mateta Rizalul Haq, kepada Kompas.com, Senin (7/3/2011) di Jakarta.

Mateta memastikan, ada keterlambatan jadwal rangkaian KA jalur selatan yang tiba di Jakarta. Sebab, rangkaian-rangkaian KA itu harus mengambil jalur alternatif untuk menghindari genangan air di jalur Ketanggungan-Ciledug.

"Kami masih menunggu berapa lama keterlambatan rangkaian KA yang tiba di Jakarta. Yang pasti, kami tidak bisa menghindari keterlambatan tersebut," ujar dia.

Meski demikian, PT KAI menegaskan, tidak ada pembatalan keberangkatan rangkaian KA dari Jakarta menuju kota-kota di Pulau Jawa. "Tidak ada pembatalan jadwal. Kalau nanti ada perubahan jam keberangkatan, kami upayakan tidak terlalu lama," ujar Mateta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.