Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Petahana Unggul Mutlak

Kompas.com - 06/03/2011, 16:49 WIB

DEMAK, KOMPAS.com - Dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak yang berlangsung Minggu (6/3/2011) pasangan petahana (incumbent) Tafta Zani-Dachirin Said unggul mutlak dan menyapu bersih suara di 14 kecamatan yang ada di Demak.

Pesta demokrasi yang digelar secara langsung untuk kedua kalinya ini, diikuti 4 pasangan calon yakni Tafta Zani-Dachirin Said, Saidah-Haryanto, Najib-Siti Azzah, dan Maryono-Purnomo.

Keempatnya bertarung untuk harus memperebutkan suara dari 805.661 pemilih yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap. Kemenangan Zani-Dachirin yang didukung empat parpol besar, Partai Golkar, PKS, PPP dan PKB telah diramalkan oleh berbagai kalangan.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan kantor Kesbangpolinmas Demak hingga pukul 16.00 WIB, pasangan petahana Tafta Zani-Dachirin Said memperoleh suara sebesar 73,16 persen, Saidah-Haryanto 16,25 persen, Najib-Azzah 7,17 persen dan Maryono-Purnomo 3,43 persen.

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah Wisnu Suhartono, kemenangan pasangan petahana merupakan kemengan seluruh warga Demak. "Demokratisasi perlu suasana kondusif dalam rangka memberikan pembelajaran bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara Saiful Arief, salah seorang warga, mengatakan, siapapun yang menjadi bupati Demak, bukan masalah. Baginya, rakyat membutuhkan realisasi dari komitmen untuk melanjutkan pembangunan di kota Wali. "Rakyat tidak butuh janji yang penting bukti," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com