Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Hindu Magelang Melakukan Melasti

Kompas.com - 03/03/2011, 19:38 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Sekitar 100 umat Hindu di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (3/3/2011) melakukan ritual melasti di sumber air Tukmas di Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Sebelum menuju sumber air Tukmas, mereka dengan berpakaian adat Bali tersebut melakukan doa bersama di Pura Wira Buwana di kompleks Akademi Militer Magelang.

Mereka berjalan kaki sekitar 100 meter untuk menuju sumber air dengan membawa sesaji dan diiringi musik gamelan bernuansa Bali.

Setelah sampai di sumber air Tukmas, sesaji yang mereka bawa diletakkan di pelataran kemudian mereka melakukan doa dengan dilanjutkan pengambilan air.

Sebagian umat mencuci muka dengan air yang mengalir dari sumber air tersebut.

Kepala Seksi Kerohanian Hindu Pembinaan Mental Akademi Militer yang juga penanggung jawab Pura Wira Buwana, I Gusti Agung Yoga, mengatakan, melasti merupakan rangkaian hari raya Nyepi.

Melasti sebagai simbol penyucian diri dan alam sehingga pada hari Nyepi mendatang umat sudah bersih lahir dan batin.

"Umat Hindu selalu berdoa untuk keselamatan semua makhluk, tidak hanya saat Nyepi. Setiap saat berdoa menabur kebajikan pada orang lain dan makhluk lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com