Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Warga Pengungsi Lahar Dingin Pulang

Kompas.com - 02/03/2011, 17:05 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Sebanyak 500 pengungsi korban banjir lahar dingin Gunung Merapi yang tinggal di sekitar aliran Sungai Putih, Desa Sirahan, Salam, Magelang, Rabu (2/3/2011), meninggalkan tempat pengungsian untuk pulang ke rumah.

Para pengungsi tersebut terdiri dari 155 keluarga berasal dari Dusun Ngemplak Lor dan Trayem Bendo, Desa Sirahan, Kecamatan Salam, mengungsi di dua lokasi, yakni di Balai Desa Sriwedari dan SD Negeri 1 Sriwedari.

Mereka mengungsi sejak 11 Januari 2011 setelah luapan banjir lahar dingin Sungai Putih menerjang Desa Sirahan.

M Rokim, seorang pengungsi, mengatakan, mereka pulang karena sudah jenuh di pengungsian dan merasa sudah aman untuk kembali ke kampung halaman.

"Kami minta pulang hari ini karena jenuh dan merasa sudah aman untuk kembali ke rumah masing-masing untuk memulai hidup baru," katanya.

Rokim yang juga Kepala Urusan Kesra Desa Sirahan itu menyebutkan, dari 500 pengungsi tersebut, yang berasal dari Dusun Ngemplak Lor sebanyak 137 jiwa dan Trayem Bendo sebanyak 363 jiwa.

Sekretaris Desa Sriwedari Sumardi mengatakan, kepulangan mereka murni atas inisiatif mereka sendiri. "Kami tidak pernah memaksa mereka untuk lebih lama tinggal di sini. Mereka pulang atas permintaan mereka sendiri," katanya.

Setiap keluarga yang pulang diberi bekal hidup berupa 10 kg beras dan satu dus mi instan.

"Bekal yang kami berikan itu merupakan sisa bantuan yang diterima di posko ini. Bekal hidup ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan beberapa hari. Kami berharap tidak lama setelah pulang dari sini mereka sudah kembali bekerja seperti sebelumnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com