Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke Tenggelamkan Wall Street

Kompas.com - 02/03/2011, 07:06 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham Amerika Serikat di Bursa Efek New York yang juga dikenal sebagai Wall Street,  turun tajam pada Selasa (1/3/2011)  waktu setempat, setelah Ketua Federal Reserve Ben Bernanke memperingatkan bahwa harga minyak yang tinggi dapat memicu inflasi dan mengganggu pemulihan ekonomi negara itu.

Indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 168,32 poin (1,38 persen) menjadi 12.058,02. Indeks S & P 500 yang lebih luas  turun 20,89 poin (1,57 persen) menjadi 1.306,33, dan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 44,86 poin (1,61 persen) menjadi 2.737,41.

"Kenaikan berkelanjutan dalam harga minyak dan komoditas lainnya akan memberikan ancaman terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga keseluruhan," kata Ketua bank sentral AS itu dalam kesaksiannya di Kongres pada Selasa.

Kekhawatiran baru muncul karena pertempuran di Libya mengirim harga minyak dan emas yang lebih tinggi, dengan emas mencapai rekor baru di atas 1.433 dollar AS per troy ounce.      Meskipun Bernanke juga mengatakan bahwa lonjakan harga minyak mungkin sementara, dan meskipun beberapa data mendorong  pertumbuhan penjualan manufaktur dan mobil, pedagang tampaknya mengambil isyarat dari sambutannya pada kenaikan harga.      Saham-saham perbankan terkapar di zona merah, dengan Citigroup kehilangan 2,0 persen, Bank of America turun 2,5 persen, JPMorgan Chase menyerah 2,1 persen, dan Goldman Sachs merosot 1,5 persen. Beberapa bank pada Senin dan Selasa mengungkapkan mereka menghadapi potensi kerugian miliaran dollar AS akibat litigasi terkait dengan krisis keuangan.

Sementara produsen mobil Ford kehilangan 2,4 persen meskipun laporan penjualan yang kuat pada Februari, adapun saingannya, GM turun 1,8 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com