Rencana Akuisisi Buffet Kuatkan Bursa AS

Kompas.com - 01/03/2011, 07:12 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Pasar saham Amerika Serikat mengalami kenaikan tajam, Senin (28/2/2011) waktu setempat, karena aksi merger dan akuisisi mendorong sentimen meskipun data beragam.

Pasar menerima dorongan awal dari berita bahwa Blackstone Group akan membeli beberapa aset Amerika Serikat (AS) dari Centro Properties Group, Australia, senilai 9,4 miliar dollar AS dan  Equinox Minerals, Australia, sedang dalam penawaran untuk Lundin Mining, Kanada.

Kesepakatan itu terjadi dua hari setelah investor kakap Warren Buffett menyatakan "gatal" untuk melakukan akuisisi besar.  Pada akhir tahun lalu, perusahaan miliknya, Berkshire Hathaway Inc, disebutkan mempunyai dana tunai 38 miliar dollar AS. Dalam perdagangan pada hari terakhir Februari, harga saham Berkshire naik 2,8 persen.

JPMorgan Chase juga dikatakan mencari saham di situs media sosial Twitter.

Sementara itu, berita ekonomi tampaknya berdampak kecil terhadap pasar. "Pertumbuhan pendapatan pribadi yang lebih kuat dari perkiraan terhalang oleh pengeluaran yang lemah, dan laporan manufaktur yang kuat dipasangkan dengan angka penjualan suram 'pending home' (rumah yang pengurusannya belum selesai)," kata Sara Kline dari Analytics Moody's.

Penjualan pending home untuk Januari turun 2,8 persen, penurunan lebih kecil dari yang diperkirakan. Konsumen AS memperketat dompet mereka pada Januari setelah musim belanja liburan meskipun terjadi kenaikan tajam dalam pendapatan, demikian ditunjukkan data resmi. Departemen Perdagangan melaporkan pengeluaran konsumen naik tipis 0,2 persen disesuaikan musiman pada Januari, laju terlemah sejak Juni.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 95,89 poin (0,79 persen) menjadi 12.226,34 pada penutupan perdagangan, indeks komposit teknologi Nasdaq naik 1,22 poin (0,04 persen) menjadi 2.782,27, serta indeks S & P 500 naik 7,34 poin (0,56 persen) menjadi 1.327,22.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di antara pemenang utama Dow adalah Johnson & Johnson. Harga sahamnya naik lebih dari 3 persen. Saham 3M Company naik 2,2 persen, sementara saham Hewlett-Packard naik dengan persentase yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.