Gara-gara Berita, Wartawan Dikeroyok

Kompas.com - 28/02/2011, 15:17 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MAKASSAR, KOMPAS.com - Subandi Arya, koresponden sebuah stasiun televisi swasta nasional dan surat kabar lokal Alkhairaat yang terbit di Poso, Sulawesi Tengah, Senin (28/02/2011) sekitar pukul 13.30 wita dipukuli oleh sekitar 20 orang mahasiswa Universitas Sintuvu Maroso (Unsimar), Poso.

Pemukulan awalnya terjadi mulai dari halaman kampus, kemudian Subandi dibawa ke ruangan Dekan Fisip Unsimar. Di dalam ruangan ia kemudian tetap dipukuli. Pemukulan berakhir ketika sejumlah mahasiswa lainnya menghentikan aksi itu.

Sesaat kemudian, Subandi dievakuasi oleh aparat intelijen dan keamanan dari Kepolisian Resor Poso dan  diamankan di Kantor Polres Poso. Aksi penganiayaan ini diduga terkait dengan pemberitaan di  Alkhairaat, edisi Jumat, 25 Februari 2011. Berita tersebut berjudul: Mahasiswa Rusak Fasilitas Kampus.

Berita ini terkait dengan protes pengelolaan dana kemahasiswaan di universitas milik Pemerintah Kabupaten Poso tersebut. Dalam berita tersebut Subandi menulis sejumlah anggota Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Unsimar menggelar aksi dengan membakar belasan kursi di halaman kampus, melempari kaca-kaca jendela ruangan rektorat.

Dalam aksi itu kelompok mahasiswa ini meminta Rektor Unsimar Lefran Mango mengundurkan diri dan tidak lagi mencalonkan diri pada pemilihan rektor periode 2011-2015.

Subandi mengutip seorang sumber mahasiswa bernama Khutbah, yang mengatakan bahwa aksi tersebut tidak lagi murni untuk kepentingan mahasiswa, karena sudah mengarah kepada pembunuhan karakter Rektor Unsimar. Berita itu menurut kelompok mahasiswa tadi keliru. Mereka menyebutkan bahwa aksi mereka murni untuk kepentingan mahasiswa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X