Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kubu Lain Puji Kinerja PT Merpati

Kompas.com - 25/02/2011, 01:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Forum Pegawai PT Merpati Nusantara Airlines menilai, maskapai penerbangan milik pemerintah itu justru sudah sesuai tata kelola manajemen yang baik. Ini berkebalikan dengan penilaian Serikat Pekerja PT Merpati Nusantara Airlines.

Penilaian soal baiknya kinerja Merpati juga disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Forum Serikat Pekerja BUMN Bersatu Fahrurizal. Menurut dia, manajemen PT Merpati Nusantara Airlines (PT MNA) di bawah Capt Sardjono Jhoni saat ini membuat karyawan sangat kompak untuk tetap bertahan. Selama ini juga tidak ada pemecatan ataupun pembayaran gaji yang terlambat.

Padahal, katanya, kalau dilihat dari kondisi keuangan Merpati, manajemen Merpati saat ini cukup direpotkan dengan kerugian operasi yang ditinggalkan manajemen lama sebesar Rp 54 miliar pada periode Januari sampai Juni 2010.

Fahrurizal menjelaskan, pekerjaan paling serius yang dilakukan manajemen saat ini adalah penyesuaian Business Plan Merpati 2011-2015 di bawah pengarahan dari PT Perusahaan Penjamin Aset (PT PPA) selaku company advisor penyehatan PT MNA.

"Secara riil dan detail, arah dan rencana Merpati ke depan sudah tergambar dalam master plan ini. Untuk diketahui juga, penyusunannya turut melibatkan para karyawan Merpati secara terbuka," kata Fahrurizal.

Menurut dia, hal tersebut merupakan langkah maju manajemen Merpati dalam mengatasi kondisi keuangan yang negatif yang diduga akibat salah urus dan penuh korupsi oleh manajemen terdahulu.

Secara umum, pengelolaan Merpati saat ini oleh manajemen sangat transparan. Semua unsur dilibatkan dan dapat memberikan masukan untuk kemajuan Merpati.

Misalnya, ketika pengadaan pesawat, semua pegawai yang mempunyai informasi terhadap penyewaan pesawat dapat ikut terlibat sehingga mengetahui kapan pesawat akan tiba atau berapa nilai sewa pesawat dan berapa jumlah penambahan pesawat.

"Hal ini patut dicontoh oleh BUMN lainnya dalam membangun hubungan yang harmonis antara serikat pekerja dan manajemen," ujar Fahrurizal.

Dia meminta DPR dan pemerintah, khususnya Kementerian BUMN, agar mempercepat program penyehatan Merpati sebagai BUMN yang sudah mulai menunjukkan perbaikan dan kinerja perusahaan yang mengarah positif.

Selain itu, Fahrurizal meminta direksi Merpati tetap bekerja serius memperbaiki kinerja Merpati dan senantiasa mempertahankan keselamatan penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com