Krisis Libya Kembali Tekan Bursa AS

Kompas.com - 24/02/2011, 07:14 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Saham-saham Amerika Serikat turun pada Rabu (23/2/2011) waktu setempat, karena kekhawatiran tentang Libya menekan pasar global dan mendorong kenaikan harga minyak ke tertinggi dua tahun.

Saham maskapai penerbangan telah terpukul untuk kedua hari berturut-turut karena prospek biaya bahan bakar yang lebih tinggi, sementara saham perusahaan minyak naik karena alasan yang sama.

Dow Jones Industrial Average kehilangan 107,01 poin, (0,88 persen), menjadi 12.105,78, setelah diperdagangkan turun hampir 150 poin selama sesi perdagangan.

Indeks S&P 500 yang lebih luas menyerah 8,04 poin (0,61 persen) menjadi 1.307,40, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq kehilangan 33,43 poin (1,21 persen) menjadi 2.722,99.

"Meningkatnya kekerasan protes politik di Libya memperkuat kekhawatiran penularan di Timur Tengah," kata Andrea Kramer dari Schaeffer’s Investment Research.      "Terlebih lagi, gejolak geopolitik di wilayah kaya minyak meningkatkan  kekhawatiran tentang gangguan pasokan yang signifikan."

Sebagian besar saham penerbangan kehilangan (rugi) enam sampai tujuh persen karena prospek biaya bahan bakar yang lebih tinggi, setelah kerugian yang sama pada Selasa.

AMR Corp, induk dari American Airlines, jatuh 6,6 persen; United Continental kehilangan 6,8 persen dan US Airways jatuh 7,4 persen. Delta, sebaliknya, meningkat 2,61 persen setelah keputusan yang menguntungkan dalam gugatan penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu saham minyak meningkat tajam sejalan dengan harga minyak mentah di pasar dunia, dengan ExxonMobil naik 1,9 persen dan Chevron menambahkan hampir dua persen.

Adapun raksasa komputer Hewlett Packard berakhir turun 9,6 persen setelah hasil yang mengecewakan diumumkan setelah penutupan pasar pada Selasa. Sedangkan Ford Motor Co kehilangan 2,43 persen setelah mengumumkan penarikan 150.000 truk pickup F-150 untuk kerusakan kantong udara (airbag).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.