Harga Premium Lebih Baik Dinaikkan?

Kompas.com - 23/02/2011, 16:03 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak berjalannya sosialisasi pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi kepada para pengendara umum dan pengelola SPBU membuat opsi pembatasan BBM tidak populer di kalangan sopir kendaraan umum dan juga pengelola SPBU. Mereka pun meminta pembatasan BBM ditiadakan dan diganti dengan menaikkan harga premium.

Suradi, sopir angkutan M01A jurusan Senen-Kampung Melayu, mengaku kesulitan dengan adanya penerapan kebijakan pembatasan BBM tersebut. "Repot banget itu kalau harus dibatasin 40 liter, emangnya cukup?" ucap Suradi, Rabu (23/2/2011), saat dijumpai di Terminal Senen, Jakarta.

Suradi mengatakan, apabila dalam sehari beroperasi 24 jam nonstop, kendaraannya memerlukan 50 liter premium. "Saya selalu shift-shift-an sama teman. Kalau cuma 40 dan saya butuh 50, ini gimana? Kan, repot. Daripada enggak jelas, mendingan BBM enggak usah dibatasin, tetapi dinaikin aja harganya," tutur Suradi.

Usulan serupa juga dilontarkan pengawas SPBU Kramat Raya, Dedi. "Kalau harapan saya, ya, mending, daripada belum siap, dinaikin aja harga premiumnya. Lebih mudah penerapannya, daripada sekarang belum ada kesiapan alat dan pelatihan kepada kita, kan," tuturnya.

Dedi menjelaskan, pihaknya sebagai penjual BBM mengaku tidak takut akan penerapan kenaikan harga premium itu. "Saya yakin pasti ada aja yang beli karena mereka, kan, butuh," ujar Dedi.

Melihat ketidaksiapan pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan BBM, pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, menyatakan, memang lebih baik harga premium dinaikkan daripada dibatasi. "Kalau mau dibatasi, sampai kapan pun pemerintah tidak akan pernah siap. Yang dibutuhkan itu keberanian dan kemauan pemerintah," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.