Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam-Kapolda Makan Bareng Pengemis

Kompas.com - 17/02/2011, 21:31 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Moeldoko dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suparni Parto makan bersama dengan tukang becak dan pengemis di bekas Kantor Bupati Tasikmalaya, Kamis (17/2/2011).

Dua pimpinan aparat wilayah Jawa Barat tersebut makan bersama setelah membuka kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang diikuti santri dari berbagai pesantren di Kota Tasikmalaya.

Puluhan tukang becak, pengemis yang biasa berada disekitar jalanan bekas kantor Bupati Tasikmalaya itu tampak bersemangat bisa makan bersama diatas hamparan tikar anyaman bambu.

"Sengaja kami gelar acara seperti ini biar tercipta suasana kekeluargaan antara Pangdam dan Kapolda dengan para penarik becak, pengemis," kata Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Bahram disela-sela acara makan bersama.

Melakukan kegiatan tersebut kata Bahram biasa digelar Kodim 0612 Tasikmalaya dalam waktu tertentu dengan harapan dapat terwujud suatu keharmonisan seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu Pangdam III Siliwangi, Moeldoko mengaku kagum diselenggarakannya makan bersama diatas satu tikar dengan masyarakat Kota Tasikmalaya yang biasa menjalani berkerja di jalanan.

"Saya sendiri kaget melihat suasana seperti ini, ini sangat luar biasa," katanya.

Ia berharap suasana kebersamaan itu dapat terus terjaga dalam menciptakan keharmonisan masyarakat dan dapat diwujudkan daerah lain selain Tasikmalaya.

"Saya harap suasana seperti ini harus dijaga semoga saya bisa melakukan di daerah lain, ini ide yang bagus," katanya.

Sementara itu Kapolda Jawa Barat, Parto mengaku mendapatkan kesan yang menarik bisa makan siang dengan konsep lesehan bersama berbagai kalangan masyarakat di Tasikmalaya.

"Mereka sama dengan kita, kita harus merangkul dan mendorong mereka memberi semangat hidup," kata Parto menambahkan kegiatan makan bersama itu unik dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com