Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi BBM Subsidi Salah Sasaran

Kompas.com - 17/02/2011, 11:32 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Pertamina menduga distribusi BBM bersubsidi di Bangka Belitung salah sasaran. Akibatnya, konsumen murni kesulitan mendapat BBM.

Manajer Penjualan Pertamina Area Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Jambi M Sofyan, menuturkan, premium dan solar di SPBU tidak hanya dibeli konsumen murni. Diduga, banyak pembeli yang mengisi tangki berulang-ulang.

"Pembeli yang juga dikenal sebagai pengerit itu mengisi di beberapa SPBU dalam sehari. Hasilnya untuk dijual lagi," ujarnya di Pangkal Pinang, Kamis (17/2/2011).

Akibatnya, konsumen murni kesulitan mendapat BBM bersubsidi di SPBU. Stok di SPBU cepat habis karena diborong pengerit. "Konsumen juga panik dan terdorong membeli BBM dalam waktu bersamaan," ujarnya.

Ia mengatakan, penelitian Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) menunjukkan rasio pasokan BBM dan jumlah kendaraan di Bangka Belitung tidak normal. Kuota BBM sudah lebih tinggi dibandingkan jumlah kendaraan. "Jika masih ada kelangkaan, sangat patut diduga bukan dibeli konsumen murni," ujarnya.

Dalam waktu dekat, Pertamina akan bertemu dengan Polda Kepulauan Bangka Belitung. Pertemuan itu untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi di Kepulauan Babel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com