Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatasan BBM Tetap April?

Kompas.com - 17/02/2011, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim pengkaji pengaturan bahan bakar minyak bersubsidi berencana menyerahkan hasil kajian akhir pada Februari 2011ini. Ketua kajian pengaturan BBM bersubsidi Anggito Abimanyu optimistis rencana pemerintah bisa terlaksana sesuai dengan yang ditargetkan.

Opsi yang diajukan kepada pemerintah di antaranya adalah menaikkan harga premium, BBM nonsubsidi pertamax di subsidi, penjatahan kuota BBM subsidi dan penggunaan energi alternatif, yaitu LGV.

Dari opsi yang ada, akan dihitung mengenai kelayakan manfaat dan biaya. Baik kebijakan dari pelaksanaannya maupun pengawasannya, serta dampaknya dari masing-masing opsi.

Anggito mengatakan, jika dilihat dari hasil kajian sementara, pihaknya tidak merekomendasikan adanya kemunduran rencana pengaturan BBM bersubsidi tersebut. “April adalah bulan yang sangat tepat karena tekanan inflasi diperkirakan sangat kecil ketimbang bulan setelahnya,” ujar Anggito kepada Kontan, Rabu (16/2/2011).

Sayang Anggito belum mau membeberkan hasil kajian sementara yang sudah dikumpulkan. Pasalnya, hasil finalisasi kajian pengaturan BBM belum diserahkan kepada pemerintah yang kemudian akan disampaikan dan dibahas bersama DPR. "Hasilnya positif, tetapi belum lengkap," ujarnya. (Irma Yani/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com