Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2011, 07:41 WIB

NEW TORK, KOMPAS.com - Laba yang mantap dari pembuat komputer Dell membantu mengangkat pasar saham Amerika Serikat pada  Rabu waktu setempat (16/2/2011) setelah pada Selasa terkapar di zona merah. Pasar juga menyambut penilaian ekonomi optimis dari Federal Reserve.

Mengatur suasana untuk hari itu, laba kuartal keempat Dell hampir tiga kali lipat karena pembuat komputer melaporkan permintaan yang kuat dari pelanggan korporasi -- indikator kebangkitan ekonomi -- dan harga komponen yang lebih rendah. Sahamnya naik hampir 12 persen.

Pasar juga didukung oleh berita bahwa Fed menaikkan tajam perkiraan pertumbuhan untuk tahun ini, memprediksi produk domestik bruto akan naik 3,4-3,9 persen, terhadap prediksi 3,0-3,6 persen November lalu.

Indekz Dow Jones Industrial Average naik 61,53 poin (0,50 persen) menjadi 12.288,17 pada penutupan, sedangkan indeks teknologi Nasdaq naik 21,21 poin (0,76 persen) menjadi 2.825,56. Serta indeks S&P 500 naik 8,31 poin (0,63 persen) pada 1.336,32.

Saham American Airlines dan JPMorgan Chase keduanya naik di atas dua persen karena pasar melawan data perumahan AS yang masih lemas, yang menunjukkan pembangunan awal telah meningkat moderat dari terendah yang terlihat pada tahun lalu, tetapi permintaan untuk izin konstruksi merosot.

Sementara itu produksi industri AS turun 0,1 persen antara Desember dan Januari, penurunan dipersalahkan oleh beberapa analis karena cuaca dingin, yang "menghambat permintaan industri untuk gas dan listrik," menurut David Resler dari Nomura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com