Situs Pemkab Tulungagung Diserang Hacker

Kompas.com - 16/02/2011, 20:03 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Situs internet resmi Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, www.tulungagung.go.id, sejak Senin (14/2/2011) lumpuh, tak bisa menampilkan informasi aktivitas pemerintah. Ini karena hacker telah berhasil memasuki situs ini dan mengutak-atik tampilannya.

Hingga Rabu (16/2/2011) para teknisi web Pemkab Tulungagung tampak belum berhasil menyingkirkan halaman pernyataan hacker, yang dalam situs tersebut menyatakan melakukan serangan untuk merayakan Valentines Day.

Kepala Humas Pemkab Tulungagung Maryani menjelaskan, pemkab mengerjakan situs tersebut tanpa mitra swasta, melainkan dikelola sendiri oleh petugas Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom). "Tentu saja kami tidak cukup ahli untuk melawan ketrampilan hacker. Sudah dua hari ini, para petugas Infokom mengutak-atik, tapi belum bisa menghilangkan gambar yang dipasang hacker," kata Maryani.

Maryani menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah serangan ini berhubungan dengan kebijakan Pemkab Tulungagung, atau sekadar ulah usil. "Kami belum bisa memastikan, apakah bisa dilacak atau tidak. Jika bisa juga, apakah ini bisa dikategorikan sebagai tindakan kriminal. Saat ini kami konsentrasi untuk segera memulihkan situs itu," tuturnya.

 


EditorNasru Alam Aziz

Terkini Lainnya


Close Ads X