Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur DKI Dukung Pawai Ogoh-ogoh

Kompas.com - 16/02/2011, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mendukung pawai ogoh-ogoh pada Jumat (4/3/2011) di Silang Monas terkait dengan perayaan hari raya Nyepi tahun Saka 1933 bagi umat Hindu.

"Ini telah menjadi kalender tetap setiap tahun bagi Pemda DKI, dalam kerangka menghargai keberagaman, bersatu, memelihara kebersamaan yang baik di antara masyarakat di Ibu Kota negara," kata IB Alit, Juru Bicara Panitia Nasional Hari Raya Nyepi, mengulangi pernyataan Gubernur saat menerima panitia di ruang tamu Gubernur, Jakarta, Rabu (16/2/2011).

Gubernur minta kepada panitia dan Wali Kota serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta untuk menyosialisasikan pawai budaya agar dapat berjalan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tampilkan contoh yang aman di Jakarta melalui peristiwa budaya ini, sebagai sebuah kegiatan dengan maksud dan tujuan yang baik," kata Gubernur sebagaimana disampaikan Alit.

Gubernur mengimbau para pengelola hotel, biro perjalanan, atau pemandu wisata untuk mengajak wisatawan menyaksikan pawai budaya tersebut bersama masyarakat Jakarta.

Dia juga meminta kepada aparat terkait untuk membantu kelancaran lalu lintas pada hari Jumat sore tersebut di Silang Monas.

Koordinator kegiatan sosial/pawai, Ida Bagus Djayapati, melaporkan, ada 18 grup pawai ogoh-ogoh dari berbagai banjar se-Jabodetabek dan perwakilan dari Banten akan memeriahkan acara yang berhubungan dengan pelaksanaan Tawur Agung, sehari menjelang hari raya Nyepi.

Tawur Agung bermakna membersihkan alam semesta (buana agung) maupun kehidupan manusia (buana alit) dari segala kekotoran.

Dia mengatakan pawai ogoh-ogoh akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian ondel-ondel dan barongsai, sebagai salah satu wujud kebersamaan dan keberagaman di Jakarta.

Hari raya Nyepi tahun Saka 1933 jatuh pada Sabtu (5/3/2011), sebagai peringatan Tahun Baru bagi umat Hindu, dengan menjalankan Catur Brata Nyepi.

Ketua Panitia Nasional Erlangga Mantik juga melaporkan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan bantuan kesehatan serta sembako telah dilaksanakan di Jakarta.

Selain itu akan dilaksanakan penanaman pohon untuk penghijauan di Bogor.

Puncak perayaan dalam bentuk Dharma Shanti Nasional akan dilaksanakan pada Minggu (20/3/2011) di Cilangkap, Jakarta Timur, yang diupayakan dihadiri Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com