Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Premium, Butuh Perjuangan Panjang

Kompas.com - 15/02/2011, 18:33 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Warga Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa, masih harus mengantre berjam-jam untuk membeli premium di setiap SPBU menyusul tenggelamnya kapal motor KM Rahmatia Sentosa di alur Sungai Kapuas.

Mizan (40) salah seorang warga Kecamatan Pontianak Barat mengatakan, dirinya harus ikut antre 1,5 jam di SPBU Jalan Komodor Yos Sudarso untuk mendapatkan sepuluh liter premium.

"Saya terpaksa ikut antre di SPBU untuk membeli premium, karena bahan bakar mobil saya hampir habis," ujarnya.

Hal senada juga diakui Zunaidi (38), pembeli premium di SPBU Jalan Tanjungpura. "Hampir satu jam saya baru mendapatkan tiga liter untuk mengisi BBM kendaraan roda dua saya," ujarnya.

Ia berharap, krisis BBM terutama jenis premium segera selesai sehingga tidak membuat masyarakat Kota Pontianak dan Kalbar umumnya resah.

Zailani (50) warga Desa Sempalai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas mengaku kesulitan mendapatkan premium. "Kami terpaksa menggunakan sepeda kalau mau pergi ke mana-mana," ujarnya.

Bapak lima anak itu menambahkan, harga premium di kecamatan itu bervariasi antara Rp 7 ribu/liter hingga Rp 8 ribu/liter.

Sebelumnya, Kamis (10/2) sekitar pukul 23.00 WIB, KM Rahmatia Sentosa dari bahan kayu berusaha masuk alur Sungai Kapuas atau tepatnya di muara Jungkat.

Namun pada saat bersamaan KM Waweh kapal kargo dari bahan besi berangkat dari Pelabuhan Dwikora juga menggunakan alur itu sehingga terjadilah tabrakan.

Peristiwa itu mengakibatkan tenggelamnya KM Rahmatia di muara Jungkat. Sehingga membuat muara Jungkat tidak bisa dilintasi kapal dari dan menuju pelabuhan Dwikora Pontianak, termasuk tanker bahan bakar milik Pertamina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com