Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Thailand, Terdampar di India

Kompas.com - 14/02/2011, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Nasib memilukan menimpa 91 pengungsi Rohingnya asal Myanmar. Menurut warta AP dan AFP pada Senin (14/2/2011), pihak Thailand mendeportasi para pengungsi itu pulang kembali ke negara mereka. Lalu, polisi di Kepulauan Andaman dan Nikobar, wilayah India, menemukan mereka pekan lalu.

Juru bicara pemerintah Thailand mengatakan kalau para pengungsi berasal Provinsi Ranong, Myanmar.  Dia membantah laporan yang menyebutkan kalau para pengungsi itu dideportasi melalui laut dengan sedikit makanan dan minuman dengan sebuah kapal tak bermesin. Pihak Thailand juga membantah kalau para pengungsi tidak mengetahui bagaimana bisa menempuh perjalanan sejauh itu.

Para pengungsi itu mengatakan kepada polisi kalau mereka dikirim ke laut lepas dengan persediaan makanan dan minuman yang sedikit dengan perahu tanpa mesin oleh angkatan laut Thailand.

Polisi dan dokter India mengatakan pengungsi Rohingnya tersebut ditemukan dalam keadaan kelaparan dan dehidrasi. Setidaknya 25 orang dibawa ke rumah sakit.

Ribuan orang Rohingnya - sebuah etnis muslim minoritas di Myanmar - selama ini keluar mencari suaka ke Bangladesh guna menghindari penyiksaan. Diperkirakan sekitar 200.000 Rohingnya hidup dalam tenda pengungsian di Bangladesh. Banyak di antara mereka, terutama yang tidak tinggal di tenda resmi, mencoba untuk keluar dari kondisi kemiskinan ini dengan menyelundup ke negara-negara Asia Tenggara melalui laut.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com