Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bangun Reputasi hingga Nilai Tambah

Kompas.com - 14/02/2011, 04:39 WIB

 OLEH SONYA HELLEN SINOMBOR

Ada banyak kiat untuk meraih sukses dalam berwirausaha atau berbisnis. Namun, bagi Wali Kota Solo Joko Widodo, kunci sukses dalam berwirausaha terletak pada tiga hal penting. Pertama, bagaimana membangun reputasi dan nama. Kedua, wirausaha harus tumbuh dari bawah. Ketiga, wirausaha harus masuk ke dunia usaha yang betul-betul dia kuasai medannya. 

Dari tiga hal tersebut, yang paling sulit adalah membangun reputasi dan nama,” ungkap Joko Widodo saat membuka diskusi. Dan, ketika riuh wacana rencana DPR sibuk akan menaikkan gaji pejabat, termasuk presiden, Joko Wi buka kartu. Dia mengaku tidak pernah ambil gaji sebagai Wali Kota Solo. Penghasilan dari usaha mebel dan hotelnya sudah mencukupi untuk menunjang hidup dia dan keluarganya.

Wali Kota yang akrab disapa Joko Wi ini pun menuturkan, wirausaha yang tumbuh dari bawah itu yang paling bagus. Sebab, jika seorang wirausaha tumbuh dari atas, dalam kondisi baik usahanya tentu akan sehat-sehat saja. Namun, jika ada gelombang kecil saja, apalagi gelombang besar, usahanya pasti langsung jatuh. Itulah yang dia lihat. Semoga benar dan tidak salah. Jadi, akan lebih baik wirausaha tumbuh dari bawah. Itulah pendidikan kewirausahaan.

Pernyataan Joko Wi bukan tanpa alasan. Pengalamannya sebagai pengusaha sebelum menjadi wali kota membuatnya sadar betapa pentingnya melahirkan wirausaha tangguh. Untuk menciptakan wirausaha dan tenaga yang terampil, yang siap bersaing di dalam dan luar negeri, Pemerintah Kota Solo sejak pertengahan 2009 meluncurkan Solo Technopark (STP) di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, Jawa Tengah.

STP merupakan pusat pendidikan dan teknologi, pusat riset, pusat pelatihan dan pusat inkubasi produk baru, serta pusat industri dan perdagangan. Pemerintah Kota Solo menjadikan STP sebagai kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, riset dan pelatihan, kewirausahaan, serta perbankan, pemerintah pusat dan daerah, yang sarat dengan teknologi.

STP, antara lain, memiliki pusat pendidikan dan aplikasi praktik (CEPA) yang menawarkan program pelatihan praktik dan jasa konsultasi untuk teknologi terapan. Sesi pelatihan yang ditawarkan, antara lain, mekanik manufaktur, pengelasan, dan mekanik garmen.

Layanan lain dari STP adalah meningkatkan kewirausahaan dan inovasi dengan menggunakan inkubator canggih dan penyebaran layanan konseling yang ekstensif, baik dalam konteks teknis maupun operasional, untuk ekonomi lokal.

Menciptakan nilai tambah

Bicara soal kesuksesan wirausaha, Sudhamek juga membagikan rahasia kunci suksesnya. Baginya, setiap usaha yang sukses harus dimulai dari ide yang hebat. Kesuksesan tersebut adalah menciptakan nilai tambah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com