Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

700 Warga Terisolir Tanah Longsor

Kompas.com - 03/02/2011, 22:52 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com - Sekitar 700 warga di dua dusun, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, terisolasi, karena akses jalan menuju dua daerah itu tertutup akibat tanah longsor.

Berdasarkan pantauan di Desa Jrakah, Selo, Boyolali, Kamis (3/2/2011), tanah longsor menyebabkan akses jalan menuju Dusun Gesikan dan Tumut di Desa Jrakah tertutup.

Bahkan, longsoran tanah dari tebing di atas jalan menuju dua dukun tersebut juga menutupi akses jalan, sehingga tidak dapat dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

Kepala Dusun III Gesikan Marni Suroso mengatakan, bencana tanah longsor tersebut terjadi, pada Rabu pagi sekitar pukul 04.00 WIB, dan menyebabkan sekitar 700 jiwa di dua dusun, yakni Gesikan dan Tumut, Jrakah, Selo terisolasi.

Karena jalan menuju dua dusun tersebut longsorannya memakan badan jalan. Tak hanya itu, tebing di sisi jalan setinggi 40 meter ikut longsor menutupi jalan itu.

Akibat tanah longsor tersebut, ada lima mobil pikap yang memuat sayuran dari Dusun Gesikan dan Tumut tidak dapat lewat.

Sayuran itu, kemudian dapat dibawa ke pasar dengan sistem langsir ke mobil pikap lain di Dusun Wates.

"Kami tidak berani melintas, akibat tanah longsor itu," ucap Subagio, petani sayuran dusun setempat.

Marni Suroso menambahkan, Dusun Gesikan, terdapat sedikitnya 64 keluarga dengan jumlah jiwa sekitar 350 orang, sedangkan Tumut terdapat sedikitnya 51 keluarga atau sekitar 260 jiwa.

Warga yang memiliki mobil pikap untuk mengangkut sayuran setiap hari sekitar lima orang.

Oleh karena itu, warga sekitar sejak Kamis pagi melakukan gotong royong untuk membuat jalan darurat dengan cara mengepras tebing agar mobil pikap bisa keluar dari dusun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com