Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Ton Beras Vietnam Masuk Pekanbaru

Kompas.com - 02/02/2011, 18:37 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepala Bagian Humas Bulog Divre Riau dan Kepulauan Riau, Andi Patris mengatakan sebanyak 5.000 ton beras impor asal Vietnam telah tiba di pelabuhan Dumai.

"Beras tersebut telah tiba di pelabuhan Dumai dua hari lalu dan saat ini sedang dalam tahap pembongkaran di gudang Dumai," ujarnya, Rabu (2/2/2011).

Beras tersebut merupakan tahap pertama asal Vietnam periode kedua dan secara keseluruhan beras yang diimpor dari Vietnam sebanyak 11.000 ton.

Namun untuk pendistribusian-nya dilakukan melalui dua tahap yakni 5.000 ton dan 6.000 ton sisanya akan dikirim pada pekan depan," tambahnya.

Beras tersebut untuk mencukupi kebutuhan pangan Riau, karena stok beras di Riau saat ini tercatat 16.295 ton. "Dengan tambahan beras ini maka stok beras aman untuk 6 bulan ke depan," katanya.

Penambahan impor beras ini juga untuk mengantisipasi kekurangan stok beras, mengingat akan dialokasikannya raskin. Terlebih lagi saat ini Bulog juga melakukan Operasi Pasar (OP) beras selama sebulan terakhir.

Beras Vietnam tersebut tergolong bagus karena mempunyai kualitas medium 15 persen pecah. OP beras ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya harga beras di Riau selama satu bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com