Empat Desa Pulau Kundur Direndam Banjir

Kompas.com - 30/01/2011, 20:54 WIB
EditorBenny N Joewono

KARIMUN, KOMPAS.com - Empat desa di dua kecamatan Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, kebanjiran dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter akibat guyuran hujan sejak tiga hari terakhir serta dipicu gelombang pasang, Minggu.

Raja Zuriantiaz, warga di Tanjungbatu Kecamatan Kundur, Minggu mengatakan, empat desa yang terendam air masing-masing Desa Tanjung Sari, Sungai Sebesi Kundur. Kemudian Desa Sungai Ungar dan Sungai Utara di Kundur Utara.

"Ratusan rumah warga terendam dengan paras air paling tinggi mencapai 50 centimeter," katanya, Minggu (30/1/2011).

Menurut Zuriantiaz, desa yang paling parah terendam air yaitu Tanjung Sari. Ketinggian air di desa tersebut mencapai pinggang orang dewasa.

"Banjir hari ini merupakan akibat tingginya curah hujan sejak tiga hari terakhir. Khusus di Tanjung Sari, genangan air menjangkau desa Lubuk," ucapnya.

Banjir juga mengganggu aktivitas warga, baik untuk bercocok tanam maupun bepergian.

"Kami berharap pemerintah daerah cepat tanggap mengatasi dampak yang dirasakan warga pascabanjir, terutama kemungkinan munculnya berbagai penyakit," katanya.

Hasan, warga lainnya mengatakan banjir juga menggenangi puluhan hektar lahan karet dan palawija. "Petani merugi karena tanaman palawija rusak terendam air," katanya.

Tingginya genangan air juga dipicu gelombang pasang air laut yang tinggi sejak Desember 2010.

"Lahan perkebunan di dataran rendah serta dekat pinggir laut paling parah terendam air. Genangan air merupakan campuran antara air hujan dengan air laut," katanya.

Petani karet juga tidak dapat menoreh getah karena pohon karet basah terkena air hujan. "Harga karet saat ini sedang tinggi, tapi petani tidak menoreh getah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.