Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans Sulawesi Remuk Diterjang Banjir

Kompas.com - 27/01/2011, 21:10 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Jalan Trans Sulawesi yang melintasi Desa Buhu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo amblas diterjang banjir bandang.

Sebagian badan jalan yang menghubungkan Sulawesi Utara dan Gorontalo tersebut, mengalami longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dalam dua minggu terakhir.

Kondisi tersebut mengakibatkan arus lalu lintas terganggu, serta dibutuhkan pengawalan untuk membantu pengendara yang melintasi jalan rusak sepanjang 25 meter tersebut.

"Amblasnya jalan karena meluapnya Sungai Alopohu, yang mengalir di bawah badan jalan," kata Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail saat meninjau lokasi banjir, Kamis (27/1/2011).

Untuk menanggulangi hal itu, gubernur segera mengerahkan instansi terkait untuk memperbaiki badan jalan yang amblas. Ia mengakui perbaikan jalan yang sebelumnya memang sempit tersebut, tak bisa secepat yang diinginkan.

Namun, pemerintah provinsi dan kabupaten segera berkoordinasi dalam mengatasi masalah tersebut. Sebelumnya, jalan Trans Sulawesi tersebut sering mengalami kerusakan saat musim hujan tiba.

Arus sungai yang deras dan menyeberangi jalan raya di lokasi tertentu, mengakibatkan jalan tersebut dengan mudah amblas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com