Trans Sulawesi Remuk Diterjang Banjir

Kompas.com - 27/01/2011, 21:10 WIB
EditorBenny N Joewono

GORONTALO, KOMPAS.com - Jalan Trans Sulawesi yang melintasi Desa Buhu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo amblas diterjang banjir bandang.

Sebagian badan jalan yang menghubungkan Sulawesi Utara dan Gorontalo tersebut, mengalami longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dalam dua minggu terakhir.

Kondisi tersebut mengakibatkan arus lalu lintas terganggu, serta dibutuhkan pengawalan untuk membantu pengendara yang melintasi jalan rusak sepanjang 25 meter tersebut.

"Amblasnya jalan karena meluapnya Sungai Alopohu, yang mengalir di bawah badan jalan," kata Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail saat meninjau lokasi banjir, Kamis (27/1/2011).

Untuk menanggulangi hal itu, gubernur segera mengerahkan instansi terkait untuk memperbaiki badan jalan yang amblas. Ia mengakui perbaikan jalan yang sebelumnya memang sempit tersebut, tak bisa secepat yang diinginkan.

Namun, pemerintah provinsi dan kabupaten segera berkoordinasi dalam mengatasi masalah tersebut. Sebelumnya, jalan Trans Sulawesi tersebut sering mengalami kerusakan saat musim hujan tiba.

Arus sungai yang deras dan menyeberangi jalan raya di lokasi tertentu, mengakibatkan jalan tersebut dengan mudah amblas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.