Rumah Bung Karno Laku Rp 35 Miliar

Kompas.com - 26/01/2011, 22:38 WIB
EditorBenny N Joewono

BLITAR, KOMPAS.com — Istana Gebang yang merupakan rumah masa kecil presiden pertama RI, Soekarno (Bung Karno), di Jalan Sultan Agung 59, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, resmi terjual dengan harga Rp 35 miliar.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Blitar Hadi Maskun, Rabu (26/1/2011), mengemukakan, pemerintah daerah sudah membeli rumah itu melalui pertemuan dengan keluarga Bung Karno untuk menyepakati harga penggantian rumah masa kecil Bung Karno, yakni Rp 35 miliar.

"Sudah ada kesepakatan masalah penggantian rumah itu, nominalnya sama dengan yang direncanakan kemarin (Rp 35 miliar)," katanya.

Pemerintah kota juga sudah menganggarkan rencana pembelian rumah masa kecil Bung Karno tersebut.

Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2011 dialokasikan Rp 10 miliar. Anggaran itu diberikan pada pos Kantor Arsip Pemkot Blitar.

Selain itu, ia akan tetap menagih janji Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang rencananya juga akan mengalokasikan anggaran untuk penggantian rumah bersejarah tersebut.

"Kami tetap menagih janji dari pemerintah provinsi. Untuk APBD sendiri sudah dialokasikan Rp 10 miliar," ucapnya.

Untuk rencana pembayaran sendiri, lanjut dia, akan dilakukan dua tahap dan diselesaikan tahun 2011. Untuk tahap pertama pembayaran rencananya akan dilakukan sekitar Maret 2011 mendatang.

"Untuk tahap pertama rencana Maret nanti. Tapi, kami masih harus menunggu koordinasi lebih lanjut," ujarnya.

Rencana pembelian rumah yang sudah menjadi polemik sejak 2008 itu baru tahun 2011 dapat direalisasikan oleh pemerintah. Nominal harga Rp 35 miliar itu jauh lebih murah daripada tawaran pertama yang akan dijual Rp 50 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.