Pemilik Sawah Sudah Tahu 10 Hari Lalu

Kompas.com - 25/01/2011, 18:33 WIB
EditorTri Wahono

BANTUL, KOMPAS.comCrop circle kedua di Yogyakarta yang ditemukan di daerah Piyungan, Bantul, mungkin ada lebih dulu ketimbang yang pertama di Berbah, Sleman. Berdasarkan penuturan warga, pemilik sawah yang terkena lingkaran misterius tersebut mengaku sebenarnya sudah tahu sejak sekitar 10 hari lalu.

Demikian dilaporkan warga Kota Yogyakarta bernama Drajat kepada Kompas.com melalui telepon langsung dari lokasi. Sawah yang terkena crop circle adalah milik dua orang, masing-masing Maryono (30) dan Gandung (50).

Menurut Hendra, salah satu warga lainnya, Gandung sudah tahu, tetapi tak memberitahukannya kepada orang lain karena takut gagal panen setelah melihat batang-batang padi yang ditanamnya roboh. Tanaman padi tersebut memang sudah hampir panen karena sebagain besar sudah menguning.

Sementara Maryono tidak tahu sebelumnya. Crop circle tersebut baru terungkap siang tadi setelah tukang sabit rumput yang dipekerjakan Maryono melaporkan adanya keanehan tersebut sekitar pukul 11.00 tadi. Maryono pun mengecek ke lokasi dan langsung menjaganya agar tidak terinjak-injak orang yang berdatangan.

Menurut Maryono, tanaman padi milik Gandung seharusnya siap dipanen. Jika tidak ada perubahan, Gandung bahkan kemungkinan tetap akan memanen padinya besok. Meski crop circle tersebut telah dipasang garis polisi, tidak ada satu pun petugas yang menjaganya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.