Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basmi Flu Burung, 10.000 Ayam Dibantai

Kompas.com - 23/01/2011, 07:46 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mulai membasmi sekitar 10.000 ayam, Sabtu (22/1/2011) di sebuah tempat peternakan unggas di prefektur Miyazaki dalam upaya untuk menahan wabah flu burung.

Beberapa pejabat di prefektur itu, yang letaknya 900 kilometer di baratdaya Tokyo, mengatakan 36 ayam ditemukan mati pada Jumat lalu di tempat peternakan unggas itu.

Pengujian awal memastikan, enam dari ayam-ayam itu mati karena subtipe H5 virus flu burung, jelas para pejabat tersebut.

Dalam upaya mencegah wabah yang lebih besar, pemerintah setempat pun memutuskan untuk memusnahkan semua ayam di tempat peternakan.

Sementara itu, 20 tempat pemeriksaan didirikan untuk pembasmian kuman dan melarang gerakan ayam dalam radius 10 kilometer.

Itu adalah wabah flu burung pertama sejak 2007 di Miyazaki. Wabah penyakit kaki-dan-mulut juga memaksa pemusnahan hampir 300.000 binatang ternak tahun lalu.

"Perdana Menteri Naoto Kan pada Sabtu pagi membentuk gugus tugas untuk memperkenalkan dengan cepat langkah-langkah penting untuk menahan wabah flu burung," kata beberapa pejabat, di Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com