Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurdin Pecat Persema dan Persibo

Kompas.com - 22/01/2011, 16:31 WIB

TABANAN, KOMPAS.com — Kongres II PSSI telah resmi berakhir sekitar pukul 16.00 Wita sore tadi. Dalam kongres ini PSSI memecat dua klub anggotanya, yakni Persema Malang dan Persibo Bojonegoro, yang memilih berlaga di Liga Primer Indonesia. Sementara PSM Makassar akan menyusul dipecat jika hari ini melakoni pertandingan LPI melawan Persema Malang.

Kedua klub yang mengikuti liga lain di wilayah PSSI ini telah melanggar statuta PSSI Pasal 85, yakni mengikuti kompetisi di wilayah kewenangan asosiasi tanpa izin PSSI dan FIFA.

"Komite eksekutif telah memutuskan pemecatan Persema dan Persibo tanggal 13 Januari lalu. Anggota yang dipecat diberi hak membela diri sampai kongres. Tapi, sebelum pengambilan keputusan, PSSI tidak menerima hak tersebut secara tertulis," ujar Ketua Umum PSSI Nurdin Halid saat konferensi pers hasil Kongres PSSI, sore ini.

Dalam kongres tadi seluruh peserta menyetujui pemecatan Persema dan Persibo. "Mulai hari ini Persema dan Persibo beserta seluruh klub anggotanya tidak ada hubungan lagi dengan PSSI," katanya. Nasib PSM Makassar akan sama seperti dua koleganya jika sore ini menjalani pertandingan LPI melawan Persema Malang.

"PSM telah dihukum oleh Komdis, yakni dengan terdegradasi ke Divisi I. Apabila PSM Makassar bermain di Malang dalam liga hiburan, LPI, maka PSM juga dipecat dari PSSI," kata Nurdin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com