Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palu Bakal Punya Masjid Terapung

Kompas.com - 19/01/2011, 20:05 WIB

PALU, KOMPAS.com - Kota Palu, Sulawesi Tengah, segera memiliki masjid terapung setelah Wali Kota Palu, Rusdy Mastura, meletakkan batu pertama sebagai awal dimulainya pembangunan masjid yang terletak di atas Pantai Talise, Rabu (19/1/2011).

Pembangunan masjid terapung itu diperkirakan akan selesai pada akhir Juli 2011. Masjid bernama Argam Bab Al Rahman ini nantinya memiliki luas 121 meter persegi yang bisa memuat jamaah sebanyak 150 orang.

Pembangunan masjid ini secara keseluruhan ditanggung oleh Muhammad Hasan Bajamal, pengusaha sukses yang memiliki sejumlah SPBU di Kota Palu.

Masjid berlantai satu dengan empat menara ini berjarak 30 meter dari bibir pantai. Sesuai gambar maket, masjid ini seolah-olah mengapung di atas air laut dengan dikelilingi pemandangan Teluk Palu.

Hasan Bajamal mengatakan pembangunan masjid ini adalah untuk mengenang Dato Karama, salah satu penyebar agama Islam di Kota Palu pada abad ke-17.

Penyebar Islam dari Tanah Minang, Sumatera, itu pertama kali menginjakkan kaki di Kampung Lere, yakni lokasi di sekitar pembangunan masjid Argam Bab Al Rahman saat ini. "Jangan sampai sejarah Dato Karama terkikis zaman," katanya.

Nama Dato Karama sendiri sudah diabadikan menjadi nama Sekolah Tinggi Agama Islam di Palu.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Palu, Akram, berharap dengan adanya masjid terapung ini suasana masyarakat lebih religius. "Ini juga akan menambah daya tarik wisatawan, terutama wisata religi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com