Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Rendam Kabupaten Sulsel

Kompas.com - 14/01/2011, 23:42 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Sedikitnya tujuh daerah dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Bone, Gowa, Takalar, dan Kota Makassar, masih dilanda banjir.

Berdasarkan laporan yang diterima dari tujuh daerah tersebut, Jumat (14/1/2011), ketinggian genangan air di setiap tempat cukup bervariasi.

"Sudah dua hari ini, rumah kami terendam air setinggi lutut karena Sungai Maros meluap," kata warga Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Maros, Sulsel, Muhammad Anwar, Jumat.

Menurut dia, meluapnya air sungai yang tak jauh dari rumahnya itu karena hujan terus turun dan bersamaan dengan air laut yang pasang.

Banjir di Kabupaten Maros yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Makassar itu telah merendam ribuan rumah warga dan sekitar 500 hektar sawah di empat kecamatan, yakni Kecamatan Moncongloe, Turikale, Lau, dan Maros Baru.

Sementara di Kabupaten Pangkep yang merupakan tetangga dari Kabupaten Maros, banjir dipicu oleh meluapnya air Bendungan Tabo-Tabo pada Rabu.

Ratusan rumah warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Pangkep dan Bendungan Tabo-Tabo hingga kini masih terendam air, termasuk rumah jabatan Bupati Pangkep yang jaraknya sekitar 20 meter dari Sungai Pangkep turut terendam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com