Pak Menteri Keliling Batam Naik Heli

Kompas.com - 14/01/2011, 14:18 WIB
EditorHeru Margianto

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup Gusti Mohammad Hatta melakukan kunjungan kerja ke Batam untuk memantau salah satunya penggalian pasir darat liar di pulau tersebut, Jumat (14/1/2011).

Di samping meninjau langsung lokasi penggalian pasir, pemantauan juga dilakukan melalui udara menggunakan helikopter. Pantauan dari udara dilakukan sekitar 30 menit.

Helikopter lepas landas dan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam. Usai pantauan, menteri melakukan jumpa pers di ruang VIP Bandara Hang Nadim, Batam.

"Lokasi penggalian sudah dihentikan. Ke depan pemerintah daerah akan mencari alternatif cara memanfaatkan bekas galian pasir itu. Misalnya, untuk mengembangkan budidaya karamba," kata menteri.

Penggalian pasir darat di Batam semuanya liar. Kegiatan ini berlangsung selama bertahun-tahun tanpa ada usaha penertiban dari pihak mana pun. Baru mulai pertengahan tahun 2010, muspida Kota Batam menegaskan kegiatan itu ilegal.

Selanjutnya usaha penertiban dilakukan. Penggalian pasir di Batam dilarang karena rawan menggerogoti daya dukung alam. Sejauh ini, penambangan meninggalkan lubang-lubang besar yang terisi air payau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X