Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak Menteri Keliling Batam Naik Heli

Kompas.com - 14/01/2011, 14:18 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup Gusti Mohammad Hatta melakukan kunjungan kerja ke Batam untuk memantau salah satunya penggalian pasir darat liar di pulau tersebut, Jumat (14/1/2011).

Di samping meninjau langsung lokasi penggalian pasir, pemantauan juga dilakukan melalui udara menggunakan helikopter. Pantauan dari udara dilakukan sekitar 30 menit.

Helikopter lepas landas dan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam. Usai pantauan, menteri melakukan jumpa pers di ruang VIP Bandara Hang Nadim, Batam.

"Lokasi penggalian sudah dihentikan. Ke depan pemerintah daerah akan mencari alternatif cara memanfaatkan bekas galian pasir itu. Misalnya, untuk mengembangkan budidaya karamba," kata menteri.

Penggalian pasir darat di Batam semuanya liar. Kegiatan ini berlangsung selama bertahun-tahun tanpa ada usaha penertiban dari pihak mana pun. Baru mulai pertengahan tahun 2010, muspida Kota Batam menegaskan kegiatan itu ilegal.

Selanjutnya usaha penertiban dilakukan. Penggalian pasir di Batam dilarang karena rawan menggerogoti daya dukung alam. Sejauh ini, penambangan meninggalkan lubang-lubang besar yang terisi air payau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com