Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang, 40 Warga Filipina Tewas

Kompas.com - 12/01/2011, 17:50 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Banjir di Filipina yang meluas menewaskan tujuh orang lagi, menambah jumlah korban tewas akibat dua pekan hujan lebat menjadi 40 orang, demikian dikatakan para pejabat, Rabu (12/1/2011).

Tujuh orang yang tewas terjadi dalam empat hari belakangan ini ketika banjir melanda Samar, pulau terbesar ketiga negara itu, kata Badan Manajemen Penanggulangan Risiko Bencana Nasional dalam pengumuman terbarunya.

Tujuh orang lain hilang setelah terbawa arus atau terkubur tanah longsor. Tentara dan personel pemerintah mengungsikan lagi penduduk di Samar dan pulau terdekat Leyte, kata pengumuman itu.

"Hujan lebat mulai turun malam Tahun Baru dan menyebabkan 1,29 juta orang di 144 kota, termasuk 338.000 orang, meninggalkan rumah-rumah mereka," katanya.

"Lebih dari 22.000 orang tinggal di tempat-tempat penampungan sementara yang dikelola pemerintah sementara menunggu air surut, dengan hampir 1.300 rumah rusak atau hancur," tambahnya.

Pemerintah memperkirakan, kerugian akibat kerusakan pada jalan-jalan, jembatan, dan rumah-rumah serta lahan pertanian mencapai hampir 900 juta peso (20,29 juta dollar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com